Kamis, 11 Desember 2008

Belajar dari kumBahan..(Jawa : Cucian).. Opo iyo??

Pas pelaksanaan TOBAT (Try Out Bareng Teknik), sebenarnya ada sesuatu yang mengganggu pikiranku selain persiapan TOBAT yang mumet (Lha panitiane masih pada lugu2 dan manja ^^... Dikit dikit pada tanya..Ha3).. Dan setelah ku ingat2, ternyata KUMBAHANku (Cucianku) dah kutinggal selama 2 hari kerendem di ember..Astaghfirullah.. Jadi kaya apa ya.. Mesti mambu apek..pek..pek..

Aku baru bisa pulang ke asrama jam 5 pagi setelah semaleman bantu-bantu acara dan perkap TOBAT.. Sesuai perkiraan...Dag dig dug duer.. baju-bajuku masih di ember.. warna airnya dah gak bening alias BUTHEK ... Baunya APEK abiss... Ha3.. Dan karena waktu yang mepet.. aku cuma sempet bilas sebagian dan buru-buru mandi coz jam 6.00 theng dah harus standby lagi di KPTU Teknik (Ho3, saya emang on time) buat TOBAT.. Huff.. pakaianku tersayang harus kutinggal lagi... Meyedihkan..

Selesai acara TOBAT so aku kembali ke rutinitas awal yaitu MENCUCI..., sebuah kesibukan yang mungkin buat sebagian mahasiswa dianggap sebagai hal yang menjengkelkan, membosankan, dan gak asik... mending dilaundry gt lo..gak ribet..

Tetapi justru dari kegiatan MENCUCI tersebut, ada sebuah pelajaran berharga yang bisa diambil.. (Coba tebak apa hayo..). Kalo menurut saya seperti ini :

Pelajaran pertama, bahwa segala bentuk pekerjaan kecil jika kita tunda-tunda terus tentu akan menjadi sebuah pekerjaan berat bagi kita. Kata orang bijak, “kerja keras itu adalah kumpulan dari hal-hal kecil yang tidak kau kerjakan saat kau mampu mengerjakannya”.

Pelajaran kedua, Baju-baju yang kotor itu kalo dipikir-pikir lagi mirip dengan manusia... Yap, manusia tu emang kotor.. Kadang kotor badannya, kotor pikirannya, kotor jiwanya, atau bahkan ketiga-tiganya (parah).. Walaupun sebenarnya manusia terlahir dalam keadaan suci/fitrah, namun dalam perjalanannya pasti banyak dosa, kesalahan, dan kenangan pahit yang didapatkan sehingga jiwa manusia tidak lagi sesuci saat masih bayi.. Ibarat baju putih yang kena tinta.. Bersihinnya susah minta ampun..

Nah, ketika kita menginginkan baju yang sangat kotor tersebut bersih dan layak pakai, berarti kita harus membersihkannya dengan usaha yang ekstra. Dan juga cara pembersihan yang benar. Misalnya harus direndem beberapa jam dengan deterjen. Setelah itu, dibilas dan direndem lagi. Bisa beberapa kali direndem. Tidak selesai sampai di sana. Baju yang sangat kotor dan apek tersebut harus disikat ekstra tenaga (meski sudah ada teknologi easy-kekuatan 10 tangan, RINSO, SOKLIN POWER, DE EL EL). Kemudian, untuk memastikan bahwa bajunya sudah bersih, harus direndem lagi biar memastikan semuanya sudah bersih. Di sikat lagi. Terus dijemur. Setelah itu, harus disetrika biar rapi. Meskipun bajunya kepanasan, tapi nantinya baju tersebut akan rapi dan enak dipandang. Serta akan berbeda dengan baju-baju lain yang tidak disetrika.

Intinya kawanD, setiap kita menghadapi COBAAN, TEKANAN, dan MASALAH dalam hidup yang membuat kita jatuh dalam KETERPURUKAN, DOSA, DAN KEPUTUSASAAN, anggaplah bahwa itu adalah PROSES PENCUCIAN agar kita bisa hidup lebih layak. Jangan pernah menyerah dengan masalah-masalah yang menghadang. Anggap itu adalah sikat dan sabun, atau bahkan setrika yang terus berusaha membersihkan dan merapikan "baju kotor" kita.

Selain itu kawanD, jangan sampai kita menjadi BAJU-BAJU APEK. Tahukah kenapa baju itu apek? Jawab : Karena baju itu terlalu lama didiamkan dalam ember. Walaupun airnya tu dah dikasih RINSO, SURF, atau SOKLIN (Promosi Nih) sekalipun, tetep aja bakal APEK kalo terlalu lama diam di ember. Seperti halnya manusia, saat ini banyak manusia yang terlalu ‘NYAMAN’ dengan kondisi yang ada pada dirinya saat ini. Ia tidak mau keluar dari zona nyaman dan menghadapi kerasnya kehidupan. Rasa nyaman itulah yang nantinya akan menghancurkan dirinya sendiri karena membuatnya enggan untuk terus belajar dan belajar dari getirnya KEHIDUPAN...

Pelajaran ketiga, ketika mencuci terkadang kita tak cuma harus menyikat 1 kali. Butuh beberapa kali bahkan puluhan kali. Seperti halnya usaha yang dilakukan oleh manusia. Terkadang manusia sudah merasa berusaha sangat keras dan optimal, sampai akhirnya menyerah pada satu titik. Padahal tujuannya tinggal selangkah lagi tercapai. Ibarat menyikat noda pada pakaian, kita berhenti pada sikatan ke 19, padahal noda akan hilang pada sikatan ke 20.. So jangan pernah berhenti untuk mencoba kawands..

Ha3.. kok mbahasnya jadi agak serius yah.. Tetep Senyum,, Tetep Semangat,, walau apapun masalah yang kita hadapi.. Innama’al’usriyusron.. Sesungguhnya dalam setiap kesulitan ada kemudahan...

Masih banyak lagi sebenarnya hikmah dan pelajaran yang bisa kita petik dari kehidupan sehari-hari... MARI SAMA-SAMA BELAJAR.....

By : Elang Selatan

1 komentar:

  1. Hah!!! Aku kaget!!! Ternyata udah punya blog!!!
    Ati2 lho!! Anda sudah mengatai blog saia dan teman2 dengan kata 'aneh'! Hati2! Sekali saja anda posting yang aneh2, kami tak segan2 membalas anda!!! Hiahahahaha...

    Yayaya,, kayaknya saia terlalu lama di dalam ember...

    BalasHapus

Comment