Rabu, 24 Desember 2008

MENJADI KEREN DENGAN SHOLAT

Bismillahirrahmanirrahiim.
Beberapa minggu yang lalu, saat saya dan teman2 bertemu dengan guru ngaji kami, kami terlibat diskusi menarik tentang berbagai permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia mulai dari krisis ekonimi, kemiskinan, bencana, bla..bla...bla.. Hingga bahas kualitas SDM Indonesia saat ini yang Luar Biasa, Luar Biasa Edan..
Orang Indonesia Itu Pinter, Pinter Ngapusi.. Pinter Korupsi..
Orang Indonesia Itu Kreatif, Kreatif buat Ngakali Orang Lain..
Orang Indonesia Itu Senang, Senang lihat orang lain Susah, Susah Lihat Orang Lain Senang...
Dan hanya orang Indonesia yang bilang gini :
A : Wah, saya capek je..
B : Emang habis dari mana je?
A : Seharian saya tidur je, badan pegel2 dan capek.. Wakakaka..
Tapi gak semua orang Indonesia kaya gitu kok, contohnya yang nulis artikel ini.. He3.. Narsis.. Intinya karakter2 yang saya sebutkan di atas cukup mewakili sebagian watak buruk orang Indonesia.. kalo bisa dimajaskan sih majas Pars Pro Toto, sebagian mewakili seluruhnya.. Ha4.. Dan anehnya lagi watak2 kaya gitu banyak menghinggapi orang Indonesia yang notabenenya 80% lebih penduduknya ISLAM.. Astaghfirullah.
.
Terus, kata guru ngaji kami, untuk bisa menjadi pribadi yang “KEREN” pakai N lho.. solusinya hanya 1 : MENDIRIKAN SHOLAT bukan sekedar MENGERJAKAN SHOLAT, menganggap sholat bukan sekedar KEWAJIBAN akan tetapi juga KEBUTUHAN.. wis pokokmen berat lah.. Ketika umat Islam di Indonesia mengerti akan hal itu, masalah2 di Indonesia itu dengan mudah terselesaikan.. Kami semua berpikir keras, selama ini orang2 tu sholat
ANGGOTA DPR DAN PEJABAT SHOLAT TAPI KORUPSI..
POLISI SHOLAT TAPI GAMPANG NILANG ORANG TANPA SEBAB, UANGNYA MASUK KANTONG SENDIRI LAGI..
HAKIM SHOLAT TAPI MAKAN SOGOKAN..
PEDAGANG SHOLAT TAPI SERING NGURANGI TIMBANGAN..
MAHASISWA SHOLAT TAPI NYONTEK, SERING TITIP ABSEN (Nampar diri sendiri, Hahaha)
Satu hal yang saya dan teman2 sadari bahwa yang membedakan kita dengan umat islam di masa Nabi Muhammad dahulu dan zaman sahabat adalah KUALITAS SHOLAT yang dimiliki.. Pada zaman Nabi dan Khulafaur Rasyidin, Islam menguasai hampir 2/3 wilayah dunia dan menjadi pemimpin yang adil karena mereka memahami MAKNA SHOLAT serta SHOLAT dengan KHUSYUK..
Saya dan teman2 berpikir keras, kenapa sholat nabi dan para sahabat menjadikan mereka PRIBADI IDEAL BERKUALITAS , beberapa hikmah sholat yang saya temukan :
SHOLAT MENGAJARKAN KITA UNTUK SELALU MENJAGA KEBERSIHAN..
Setiap akan sholat kita diwajibkan untuk berwudhu. Kita bisa membanggakan diri kita di hadapan orang2 asing yang bukan Islam :
Orang Islam : Halo mas Bule, anda minimal cuci muka berapa kali dalam sehari?
Bule : Paling Tidak yach 2 X (dengan logat Cinta laura.. Haha)
Orang Islam : kalo gitu KAKI saya lebih bersih dari MUKA anda, karena saya membasuhnya minimal 5 X sehari ketika sholat.. He3
Begitulah, dengan Sholat kita diajarkan untuk bersih baik bersih jasmani, rohani, pikiran...
Pemuda Islam keren rajin bersih2, kamarnya bersih, mandinya teratur, buku2nya teratur,dll.
SHOLAT MENGAJARKAN KITA UNTUK SELALU ONTIME..
Sabda Nabi Muhammad bahwa Ibadah yang paling utama (bahkan melebihi jihad) adalah sholat pada waktunya. Jadi kita dituntut untuk selalu ontime. Kalo boleh ngomong, saya mengkategorikan orang2 yang sholat sebagai berikut (mulai dari yang tertinggi sampai terendah):
Orang yang pergi ke masjid DI AWAL WAKTU sebelum Adzan memanggil (SUPER2 KEREN...!~)
Orang yang pergi ke masjid KETIKA Adzan berkumandang (KEREN... !)
Orang yang pergi ke masjid ketika Iqomah berkumandang (Agak Keren..!)
Orang yang pergi ke masjid sesudah Iqomah berkumandang (Makmum masbuk, ya masih bisa dibilang keren)
Orang yang menunda2 ke masjid untuk sholat (Wah gak keren sama sekali)
Orang yang gak sholat sama sekali ( Super2 nyebai dan gak keren sama sekali)..
Orang Islam yang selalu sholat tepat waktu, maka karakter sholatnya tersebut akan terbawa dalam kehidupan sehari-hari, baik ketika rapat organisasi, kuliah, bertemu dengan orang, memenuhi janji, dan sebagainya. Ketika kita disibukkan oleh sesuatu, sementara azan memanggil kita, maka tinggalkanlah sejenak dan segeralah sholat.. jangan sampai dunia menghimpit kita kawands..
SHOLAT MENGAJARKAN KITA UNTUK SEHAT
Yayaya, bagi anda yang kelebihan berat badan dan kolesterol, maka sholat teratur dan benar bisa mengurangi masalah anda.. Gerakan2 sholat sedemikian hebatnya layaknya senam yang menyehatkan badan pelakunya.. tapi kalo sholat jangan ngebut yaaa.. ada yang 1 menit, 2 menit.. SHOLAT Kilat man..!!! He3
SHOLAT MENGAJARKAN KITA UNTUK SABAAAARRRRRRRRRRRRRRR!!!
Ya iyalah, kaya yang saya sebutin di atas.. Watak orang jaman sekarang tu kalo sholat sering kesusu (tergesa2).. Apalagi kalo Imamnya bacaan suratnya lama.. (dalam hati mesti : Kok suwe banget to, selak keju n pegel je)... Kakakaka.. watak2 seperti ini adalah orang yang grusa-grusu, gegabah,terlalu tergesa2 dalam mengambil keputusan.. Akibatnya segala urusan yang ia miliki berantakan karena sifat gegabahnya.
SHOLAT MENGAJARKAN KITA UNTUK SELALU RENDAH HATI
Ketika bersujud, posisi PANTAT kita lebih tinggi dari KEPALA dan OTAK yang selalu kita bangga-banggakan.. Harus kita sadari bahwa segala kecerdasan, akal, kemampuan, prestasi, kecantikan, ketampanan, dan kesombongan yang lain tidak ada apa2nya di hadapan Allah. Jadi apa to yang patut dibanggakan dari manusia.. GAK ono blas..
SHOLAT MENGAJARKAN KITA UNTUK FOKUS..
Ketika sholat kita dituntut untuk khusyuk, hanya ada Allah di HATI...Pandangan mata fokus ke tempat sujud.. Begitu pula dalam kehidupan, kita harus selalu fokus terhadap tujuan dan cita2 yang kita miliki.. Ketika kita gak punya tujuan dan cita2 yang jelas, bagaimana mungkin kita sampai dan sukses?
SHOLAT MENGAJARKAN KITA UNTUK TERTIB DAN TERATUR
Sudah kebiasaan orang Indonesia, bahwa aturan dibuat untuk dilanggar. Contoh : lampu lalu lintas, nyerobot antrian antrian di loket, berbagai jalur pints masuk ke perguruan tinggi jadi PNS, nyari SIM, dan sebagainya.. Pokoke gak teratur blas.. Lain halnya dengan orang yang mengerti hakikat sholat.. Sholat itu dikerjakan tertib dengan urutan tertentu yang tidak boleh diubah2.. Intinya harus selalu teratur dan taat asas..
SHOLAT MENGAJARKAN KITA HIDUP BERMASYARAKAT...
Sholat berjamaah merupakan miniatur masyarakat yang ideal, ada imam (pemimpin) dan ada jamaah (anggota masyarakat). Imam (pemimpin) yang dipilih gak boleh sembarangan. Harus orang dengan pengetahuan islam yang luas, fasih bacaan Qur’annya, baik akhlaqnya. Begitu pula dalam masyarakat, jika ingin sejahtera maka tidak boleh sembarangan dalam memilih pemimpin. Pemimpin harus benar2 berkompeten dan bermoral. Anggota jamaahanggota masyarakat yang baik adalah jamaah yang mengikuti gerakan imamnya (kebijakan pemimpinnya), dan menegur ketika imamnya salah (ketika pemimpin berbuat kesalahan atau maksiat) karena tidak selamanya pemimpin itu benar, ada kalanya pemimpin khilaf, lupa, atau tergoda dengan nafsu dunia. Sholat berjamaah juga mengajarkan kita untuk selalu kompak, merapatkan shaf, mengisi shaf2 yang kosong agar tidak terisi oleh setan.. Begitu juga dalam masyarakat ini kita harus hidup kompak, gotong royong, saling mengingatkan, dan jangan biarkan ada celah2 dan kerenggangan hubungan yang berujung pada pertikaian dalam masyarakat.
SHOLAT MENGAJARKAN KEJUJURAN DAN INTEGRITAS.....
Ketika kita batal wudhunya(ex : kentut..tut..tut..), ya kita harus jujur dan segera keluar dari barisan untuk mengambil wudhu kembali... jangan pernah malu untuk mengakui kesalahan.. masih ada waktu untuk memperbaikinya.. Bukan hanya makmum, imampun demikian.. jangan mentang2 kita jadi pemimpin kemudian tak berani mengakui kesalahan.. jika memang BEBUAT SALAH, MUNDURLAH.. dan biarkan orang lain yang lebih pantas untukj menggantikanmu..
SHOLAT MENGAJARKAN KEPEDULIAN
Di akhir sholat kita diwajibkan untuk mengucapkan salam, ke kanan dan ke kiri (seimbang).. Ini adalah cermin kepedulian terhadap lingkungan sekitar kita.. Orang yang bagus sholatnya selalu ingin menjadi manfaat bagi orang2 di sekelilingnya.. dan tidak pandang bulu apakah yang ditolong itu kaya atau miskin, tua atau muda, cantik atau buruk, bahkan orang yang berbeda agama sekalipun.. So, bagaiman kualitas sholat kita hari ini kawands... sudahkah BERKUALITAS??
Q.S Al Ankabut ayat 45 :
... “ Dan dirikanlah sholat, sesungguhnya sholat ituy mencegah dari perbuatan keji dan munkar”..
SEMOGA BERMANFAAT
...
CahMbantoel @ TI UGM...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment