Minggu, 11 Januari 2009

I’m The Surveyor dan kisah Perempuan Tua

Pada hari Rabu aku dapat tawaran job dari Pak Romi, mantan Presiden BEM KM 2004 buat jadi Surveyor di LSM tempat beliau bekerja.. Subhanallah.. sebuah keajaiban memang, soalnya pada hari Rabu pas sholat dhuha emang doanya minta diberi kemudahan rizki.. Ternyata siangnya langsung dapat telepon dari Pak Romi buat jadi surveyor tentang Pemilu 2009. Alhamdulillah, bisa dapat fee tambahan buat fotocopy buku, bikin tugas, dll yang memang membengkak jelang ujian.. Sebisa mungkin berusaha tidak membebani orang tua..

Surveynya dijatah 4 hari mulai Kamis sampai Minggu.. Terserah surveyornya mo diselesaikan kapan.. yang penting maksimal hari Minggu.. Aku dapat daerah Kelurahan Caturtunggal.. 20 responden.. Lumayan luas juga.. Lah 1 kelurahan... repotnya lagi ambil respondennya gak sembarangan.. pake rumus... Rumah antar responden harus jeda 5 rumah, belom ntar kalo ada belokan.. belom ntar kalo respondennya nolak diwawancarai.. Huah.. repot juga.. maklum pertanyaan2nya emang politis banget.. tapi netral dan tidak memihak parpol atau golongan manapun.. Masalahnya juga, sebagian pertanyaaanya pake bahasa tingkat tinggi.. kalo dapet orang ndeso ato tamatan SD.. Wess terpaksa translate ke kromo alus tingkat tinggi jugak.. eh enggak ding.. kromo Inggil ala Uzik cah Bantull..

Surveyku dimulai dari daerah seturan.... Selama survey dapet banyak pengalaman jugak.. Bertemu dengan berbagai macam karakter orang. kadang ditolak dikira berbau politis partai.. Huah.., jadi harus bener2 pinter ngomong dan licik2an memutar2 kata biar paling gak disuruh duduk dulu lah.. kalo disuruh licik2an kadang saya emang ahlinya..(tapi untuk kebaikan tentunya).. terlebih lagi kalo berhadapan dengan responden yang tingkat pengetahuan dan wawsannya tinggi.. Siap2 perang kata2.. So Far so good..

Beberapa kejadian aneh yang saya temui selama survey :

1. Masuk ke rumah warga di jalan seturan, ada ibuk2 punya warung.. ternyata anaknya UGM arsi 08.. anak Padmanaba pula kelas IPA 3, Dimas namanya. Ibunya Dimas surprise pas tau kalo aku orang Bantul.. pernah punya kenangan dulu daftar SMA 1 Bantul gak keterima.. he3.. Bantul emang keren.. Ibuknya bejo anaknya bisa di SMA 3.

2. Masuk ke kos2an, ternyata isinya mahasiswa preman semua.. Cuma pada pake celana pendek.. Ngrokok.. Maen PS.. wis ngeri lah pokoknya.. saya tetep stay cool dengan nada meyakinkan dan terpelajar.. ha3... berhasil...

3. Berkunjung ke rumah seorang Bapak deket BATAN, babarsari.. Beliau PNS golongan rendah.. Tapi luar biasa bapak ini.. Punya 7 anak bisa kuliah semua.. Dah pada lulus dan dapet kerja..Wegs.. banyak anak banyak rejeki.. Thengs pak buat minum n rambutannya.. He4

4. Masuk ke kos2an.. Astaghfirullah, ternyata disitu kos2an putri.. dan dandanannya fulgar abis.. ada cowok juga di situ.. astaghfirullah... saya segera angkat kaki.. Ternyata daerah kos2an di seturan sangat mengerikan.. banyak mahasiswa2 swasta “gak bener” pada menetap di situ.. masih mending Pogung.. Huff.. pantes Kota Jogja sering jadi sorotan terkait pergaulan bebasnya..

5. Masuk ke rumah Bapak2 tua sudah sepuh.. sekitar 76 tahun.. tapi kerennya si Bapak masih bisa nangkap pembicaraan dan bahasa yang kusampaikan serta mampu menjawab dengan fasih.. Huff.. Keren..

6. Ke rumah Ibu2 yang sangat lugu dan polos.. manutan.. mudah diplekotho.. Astaghfirullah.. enggak ding..

7. Ke rumah Bapak2 yang pekerjaanya mengangkut sampah.. Well.. di sini kesabaranku bener2 diuji karena bapaknya mikirnya suwi banget... Selain itu aku dituntut njelasin pake bahasa Jawa yang alus dan komunikatif.. Biar gak salah tafsir.. Bener2 sangat lama.. Dah gak kehitung Bapaknya bilang Nggih.. Nggih berapa kali walaupun kayanya belum mudeng..

8. Ke rumah bapak2 di klebengan.. Busyet.. Bapaknya jawabnya kebanyakan comment.. Tralala.. trilili...Cukup2 pak.. saya terpaksa motong.. udah mo maghrib....

Kisah Nenek2 Tua..

Ketika survey di Daerah Klebengan.. Kos2an sebelah utara Peternakan...Aku mendapatkan pelajaran berharga.. Tentang arti sebuah semangat dan Visi besar.. dan ternyata seorang nenek yang menginspirasiku.. Waktu itu adzan ashar terdengar.. Segera aku cari masjid terdekat.. agak susah nemuinnya coz masjidnya agak nyelip di antara rumah2.. sholatnya ternyata dilakukan di lantai 2. Dan masyaAllah.. Jamaahnya ternyata sedikit sekali..Mana mahasiswa yang sholat di sini.. hampir gak ada.. Beda jauh dibandingkan masjid2 di Pogung kaya MPR(Masjid Pogung Raya) dan MSG(Masjid Siswa Graha) yang jamaahnya selalu banyak dan didominasi mahasiswa.. Sungguh memprihatinkan masjid ini, tak adakah pemuda-pemuda yang merindukan masjid ini? Ironis memang...... jadi teringat juga ketika nginep di rumah temenku, pas sholat berjamaah di masjid semua jamaahnya orang2 tua semua, 60 tahun ke atas lah.. Pemuda pemudianya mana? Temenku hanya terdiam...

Selesai sholat, aku beranjak menuruni tangga.. Dan aku tertegun sejenak.. Di tangga masjid yang cukup curam itu.. seorang nenek2 yang sangat tua.. Tertatih tatih dengan kakinya menuruni anak tangga satu persatu.. Aku iba melihat nenek tersebut.. Begitu besarnya semangat seorang NENEK2 TUA sehingga dengan sisa-sisa tenaganya berusaha sholat berjamaah di masjid walaupun harus naik turun tangga yang tak sepadan dengan tenaga tuanya.. Bisa saja sebenarnya nenek itu sholat di rumah karena udzur.. Tapi semangatnya yang kuat dan luar biasa mengalahkan keterbatasan fisiknya.. Visinya untuk menjadi hamba yang dicintai Tuhannya telah menjadi sumber tenaga baru baginya.. SUNGGUH LUAR BIASA.. benarlah kata pepatah yang mengatakan : “ JIKA JIWA ITU KUAT, MAKA SESUNGGUHNYA FISIK TAK AKAN MAMPU MENANDINGINYA”...

Aku terus merenung dan membandingkan antara kondisi nenek tersebut dengan kondisiku saat ini.. Beda jauh ...Aku masih muda dan kuat, tapi sering menyia-nyiakan masa muda.. Jadi tersadar dengan kondisiku saat ini yang sering mengalami kejenuhan dan kepenatan.. Ya ya ya.. aku sadar selama ini telah kahilangan 2 hal yang terpenting.... SEMANGAT dan VISI.... Kuncinya adalah VISI..... START FROM THE END.. mulailah dari akhir Zik.. akhirat.. itulah yang sering kaulupakan saat ini.. VISI AKHIRATmu kabur..Kau beribadah tapi tak tau untuk apa kau beribadah.. Kau belajar tapi tak tau untuk apa kau belajar... kau hidup tapi tak tau untuk apa kau hidup.... bagaimana mungkin kau jadi Bupati dan Pemimpin Hebat jika VISImu kabur..., tidak jelas.. ??? VISI yang lemah maka SEMANGAT pun akan lemah... VISI yang KUAT maka SEMANGATmu akan membara..

Yep... aku banyak belajar dari pengalaman dan kejadian sehari2.. Memang terbukti bahwa ayat2 Allah tidak cuma dalam Al Quran tapi juga terdapat di alam dan sekitarnya.. tinggal bagaimana kita berpikir dan menemukan hikmahnya.. kadang dalam hidup ada kalanya kita terjebak dalam masalah.. tapi aku selalu yakin setiap kali aku mampu keluar dari masalah aku akan menjadi sosok yang lebih hebat lagi .. Mencoba menjadi The Real Fauzi ....... InsyaAllah....

AYO.. SEMANGAT SINAU.... masa’ kalah sama SIMBAH-SIMBAH.. (bukan sim2 Rizka lhoh.. he3).. Nek sim2 mah percoyo IP- ne apik..... Tinggal menunggu keajaiban.. semoga saya jadi Lucky Boy kaya jaman semester 1 dan 2.....

Baru keinget.. ternyata, gara2 survey jadwal ngerjain tugas berantakan.. Busyet.. mana pas forum keluarga TD pada telat datangnya.. Membuang2 waktuku.. anak2 malas..T-T.. susah sekali ndidik mereka.. Moga2 kadept baru bisa..

8 komentar:

  1. hik....kalimat terakhir...ampun mas!!

    BalasHapus
  2. Jangan2 ini, ya, proyek 'rahasia'mu itu?! Katanya rahasia???

    Wahhh... namaku disebut!! (rizka, bukan simsim)
    Amiiinnnnn.... AAAAMMMMMMIIIIIIINNNNNNN

    wah,, agak ngerasa, nih! soalnya aku juga jarang shalat di masjid. Tapi bukannya kalau perempuan memang lebih baik shalat di rumah, ya? aku pernah denger ada hadist kayak gitu, soalnya. Bener gak sih?

    BalasHapus
  3. Bukan.. Bukan ini proyek rahasiaku.. Iya mbak..u bener.. menurut hadist perempuan emang bagusnya sholat di rumah mbak.. Yang ku persoalkan bukan simbahnya putrinya sholatnya di masjid.. tapi semangatnya itu loh.. Ngalahin yang muda.. Banyak yang muda kalo sholat males2an... Menunda-nunda.. Efeknya ke kehidupan sehari-hari.. Kalo datang ke suatu acara dll sukanya pada telat..

    BalasHapus
  4. kemaren aku gak telat looooo
    *bangga

    passs sekali ontime boook! jam hapeku sih,, nggak tau jam mu mas.

    btw....
    kenapa kalo cewek bagusnya solat dirumah?
    ak juga pernah denger itu dan btanya2,, kenapa??
    padahal nek dirumah gak ada yg bisa diajak jamaah,, kan pahalanya gak optimal,,, westeh,,westeh,,,
    kenapaaaa????

    BalasHapus
  5. Etta, tadi udah ku jawab kenapa.. dicerna baik2 ya naakk...

    Tapi juga jangan nyampe lo mas, gara2 udah tua, hanya karena ingat mati, ramai2 bertobat..

    BalasHapus
  6. gelgel sok tuo

    ketularan mas uzik.
    wkwkwkwk.

    BalasHapus
  7. JAHHH... saya muda. yang muda yang bergelora.
    hah opo jal..

    BalasHapus
  8. asw

    bos itu kosan yang seturannya di sebelah mana? akika mau donk bo pindah ke sana... yey juga ikut akika nyok, gimandang?

    astagfirullah... tobatlah kau wahai anak muda...

    wasw

    BalasHapus

Comment