Minggu, 18 Januari 2009

SPARING PARTNER.. Where are u..?

Ini sebuah kejadian yang mungkin sering kita alami berkali-kali.. Terutama ketika bepergian, entah ketika kuliah, travelling, ada rapat, de el el.. Ketika memacu motor di jalan raya, kita banyak bertemu dengan berbagai macam kendaraan. Mulai dari yang sopan sampai yang paling “gak sopan” alias ugal-ugalan dengan manuver berbahaya. Terutama anak-anak muda.. Yep.. darah muda memang gak mau kalah.. sok keren.. tapi gak mikir resikonya.. Beda sama bapak-bapak yang dah punya anak n bojo (anak istri).. Pasti mikir seribu kali buat kebut-kebutan kaya gitu.. Yang lebih ekstrim lagi is sopir-sopir bus yang kejar setoran.. woo.. bunyiin klakson gak tanggung-tanggung, jalan udah kaya punya sendiri aja.. Lebih brengsek lagi kenek-kenek angkutan umum, kadang penumpang yang pengen turun pake didorong segala.. Gak pandang bulu apakah orang tua maupun muda.. Ibuku pernah mengalaminya.. Yah, apa boleh dikata, desakan ekonomi memang kadang membuat manusia berbuat tak terpuji demi beberapa lembar rupiah..

Tapi aku sekarang bukan pengen bicara tentang pelanggaran lalu lintas di Indonesia.. gak usah dihitung.. Pasti banyak jumlahnya.. Akupun pernah (Ngaku juga).. Paling sering nglanggar lampu merah.. tapi sekarang sudah bertobat dan jadi anak baik.. He3.. kalo ditanya satu-satu pasti rata-rata udah pernah melakukan pelanggaran (Ya gak..?)

Kalo pengendara dikategorikan mulai dari pengendara lemot sampai pengendara ugal-ugalan, maka aku termasuk kategori “tengah”.. Gak lemot2 amat tapi juga gak Ngebut2 amat.. (Keterbatasan kemampuan motor jugak).. Dan pengalaman yang sering aku jumpai di jalan adalah seperti ini :

· Aku melaju dengan kecepatan sedang, di depanku ada motor yang lebih bagus, lebih muda taun pembuatannya.. biasanya aku tertarik untuk menyalip..

· Ketika di salip, rata-rata para pengendara itu memberikan jalan buatku untuk menyalip..

· Ketika udah nyampe didepannya dan berleha-leha.. ternyata dia coba menyalip dengan kecepatan tinggi dan kembali berada di depanku..

· Aku yang berjiwa muda gak mo kalah lho yaa.. berusaha menyalip lagi, kali ini gak mudah coz pengendara di depanku ikut2an tancap gas.. We lah.. nantang ni orang.. dan akhirnya terjadilah balapan.. dan seterusnya..

Bila kita mengambil hikmah/pelajaran dari kejadian tersebut, maka sesungguhnya sosok-sosok pengendara tersebut ada di sekeliling kita. Kadang dalam mencapai suatu cita-cita atau tujuan, kita memerlukan sosok-sosok seperti pengendara tersebut.. Ya, merekalah SPARING PARTNER KITA (Teman kita berkompetisi).. Memang terkadang untuk mencapai sebuah keberhasilan, prosesnya tidak akan menarik jika tidak ada bumbu-bumbu persaingan dalam pencapaian tujuan tersebut.. Motivasi untuk menjadi yang terbaik selalu ada ketika berkompetisi mencapai tujuan.. Ya, perasaan saling kejar mengejar itulah yang memicu keluarnya segenap potensi terpendam.. Dengan cara yang sportif tentunya.

Teringat kisah di SMA dulu.. Masa-masa kejayaan.. cah elah.. Waktu kelas 1 dan 2 mungkin sosok seorang Fauzi adalah sosok yang tidak dikenal.. bahkan sangat tidak dikenal.. Low Profile.. Orang biasa.. Semua berubah ketika kelas 3.. Aku menemukan diriku yang baru.. entah apa yang membuatku saat itu begitu bersemangat untuk menjadi yang terbaik di SMA 1 Bantul. So, saat awal2 kelas 3, ketika semua masih “leyeh-leyeh” (Nyante-nyante).. Saat itulah aku mulai belajar keras.. Aku berpikir, ketika temenku yang juara kelas belajar rutin 2 jam perhari, maka aku paling tidak harus menyentuh buku minimal 4 jam perhari.. Mulai saat itulah aku mulai mencari sparing partner.. Yep.. Tolok ukur untuk pencapaian prestasiku sendiri..

JIKA INGIN MENJADI PERENANG YANG HANDAL, MAKA BELAJARLAH MENYELAM...

Itulah prinsip ku saat itu.. selalu memasang target tinggi.. Dan alhamdulillah semua itu tercapai.. SMA 1 Bantul digegerkan ketika pengumuman hasil ujian blok semester 1, Di peringlkat 1 tertera nama dengan inisial F… (Nggaya tenan)..

Dan tugas berat adalah mempertahankan prestasi itu agar tetap konsisten, sekali lagi seorang SPARING PARTNER berperan di situ. Sebut saja namanya X, sahabat karibku, ternyata perlahan-lahan berusaha mengejar nilai2ku.. Kami teman belajar sekaligus teman berkompetisi.. Kebetulan aku diberi keunggulan logika dan science, sementara dia sangat jago Bahasa Inggris.. kami banyak bertukar ilmu.. semangatnya yang tinggi membuatnya terus berudsaha mengejar nilai2ku.. Akupun gak mau kalah.. tanpa sadar persaingan tersebut membuatku tetap konsisten dengan prestasiku saat itu.. bahkan kita sudah pasang target, melebihi anak SMA 3 Jogja dan SMA 1 Jogja.. High Target..

Bener2 konco belajar dan dolan yang sip, saling mengingatkan dalam belajar dan beribadah.. Itulah teman sejati.. sampai akhirnya kita lolos UM.. aku di TI, dia di Nukir.. cita2nya sejak kecil.. Namun nasib berkehendak lain.. dia disuruh daftar STAN sama ibunya.. dan diterima.. Terpaksa dia pindah ke STAN.. Kitapun berpisah kawan..

Sejak saat itulah aku jadi kesed2an belajar.. Huah.. Masih bejo bisa dapat IP kaya sekarang.. Tapi tak ada motivasi sama sekali buat jadi yang terbaik di TI .. Belum menemukan SPARING PARTNER yang pas.. Di BEM aku banyak menemukan SPARING PARTNER, tapi bukan di bidang akademis, melainkan SPARING PARTNER dalam belajar kehidupan dan softskill.. Bukan hanya dari sosok2 hebat seperti mas ayi ketua bem, mas hasan ketua KMT, ataupun ketua2 departemen yang lain.. Tapi terkadang SPARING partner itu justru muncul dari angkatan2 muda.. 07 dan 08.. Mereka punya semangat dan kemauan tinggi.. Itulah yang mulai luntur di angkatan tua.. Especially 06..

Semua hanya tinggal menunggu waktu, menemukan kembali SPARING PARTNER yang pas untuk kita.. Yang akan membuat kita menjadi sosok2 yang lebih baik lagi.. Dalam hidup, kadamng memang perlu kompetisi, kompetisi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi..

SO, SUDAHKAH ANDA MENEMUKAN SPARING PARTNER ANDA?

5 komentar:

  1. cerita mengendara di jalan yang jadi inspirasi tentang sparing partner?
    Aku pernah baca artikel macam ini.

    Btw tulisanmu ki nggaya2, yo? heheheheehhe.. piss.

    aku mau ngomentarin ini :
    -bahkan kita sudah pasang target, melebihi anak SMA 3 Jogja dan SMA 1 Jogja-
    APA INI??!!!!

    BalasHapus
  2. Sparing partner?
    Jaman SMA:

    aku: Hwaa... aku blum blajar buat ulangann.. maless
    teman laen: samaaa.. aku jg blum blajar..malesss..
    aku: maleesss
    saut2an males

    sparing partner..? huahaha..

    ho'o ik. kok terinspirasinya dari kebut2 an motor to. Scara aku ra seneng salip2an. Ra penting. hHaha

    BalasHapus
  3. wahahahahha!!!! "temen laen" ki termasuk aku, yo, gel?!

    gel : huwaaa!! aku belom belajar!
    aku : aku tadi malem nggak baca sama sekali!
    gel : aku nggak pernah nyatet!
    aku : aku nggak punya bukunya sama sekali!
    gel : aku tadi malem malah nonton dorama!
    aku : aku tadi malem malah tidur!!

    Njuk malah saingan males2an. Hakakkaka!! Itulah sekelumit pembicaraan dari sisi gelap sebagian anak sma 3.

    btw gel : awake dhewe ki ngelek2i sma ne dhewe ora, tho? hakakakka

    BalasHapus
  4. Rizka : Mbok ben to nggaya... mumpung isih iso.. astaghfirullah..
    Yap.. salip SMA 3, SMA 1.. SMA 8 dah keok.. tinggal tunggu waktu...
    Gel2 : Kapan koe ki ra males Gel.. Penyakit masa muda.. Kronis..
    Piye kok pertanyaan calon manager gak da yang bisa ki..

    BalasHapus
  5. asw

    sopo kui je, cah nuklir sing mutasi ke stan? sing jenenge febri bla bla bla ora?

    wasw

    BalasHapus

Comment