Sabtu, 24 Januari 2009

KELINGLUNGAN DI SARDJITO

Beberapa hari yang lalu pas di sekre BEM tiba2 Novi Infotek dapet SMS dari salah seorang dokter di RS. Sardjito, namanya dr. Novi (kok bisa sama ya). Si dokter sedang membutuhkan golongan darah O untuk operasi salah satu pasiennya. Spontan Novi langsung nanyain anak-anak BEM yang lagi nongkrong di situ. Ditanyain satu-satu gak da yang ngaku punya golongan darah O, sampailah pertanyaan itu padaku.. “Mas Fauzi, golongan darahmu apa mas”? Ehm..............mm.. (sambil mikir), “Golongan darahku O Nov”.. (Ragu-ragu, soalnya pernah 2 kali tes darah, pas di SMA sama di Puskesmas..Pas di SMA dites golongan darahku AB, pas di Puskesmas kata dokter O, mbuh mana yang bener, biasanya yang terakhir yang valid.. Ya to..?? Ehe.).. Aku juga agak ragu dengan kondisi fisikku belakangan ini yang sering tidur malam, khawatir kalo kadar Hb kurang.. Ah, gak peduli, coba dulu aja..
Sama Novi aku langsung disuruh ke Sardjito bagian PMI Unit Transfusi Darah. Di sana lumayan rame juga, ada beberapa keluarga pasien yang kebingungan nyari darah. Ada beberapa pendonor juga. Aku langsung tanya ke petugasnya : Aku : Maaf mbak, mau donor darah.. Perawat : Silahkan duduk dulu mas, ditunggu ya.. Aku : Ya ya ya..
Setelah menunggu beberapa lama kok aku gak dipanggil-panggil, aku lihat beberapa orang langsung aja nyerobot ke antrean tapi langsung dilayani. Wah gimana sih ini, yang mo donor sejak tadi gak dilayani.. Service-nya gak OK.. Beberapa saat kemudian di sampingku ada beberapa dokter putri masuk membicarakan pasien Bla.. Bla.. Bla.. Aku gak dong, mending tanya lagi ke petugas..
Aku : Mbak mo donor..!
Perawat : Oh ya, atas nama pasien siapa mas?
Aku : Gak tau mbak, pokoknya pasiennya dr. Novi..
Perawat : dr. Novi? Dr. Novi siapa ya mas?
Aku : Lho.. Lho.. Lho.. Piye sih, katanya pasiennya dr. Novi lagi butuh banget darah O.. Jadi Gak Nih (dalam hati)..
Perawat : Coba tanyain dulu nama pasiennya mas..
Aku : Tanya siapa mbak? Saya gak kenal og..
Akhirnya leyeh-leyeh di kursi.. Di sampingku masih ada beberapa dokter perempuan sedang ngobrol tadi, yang satu sedang sibuk dengan Hpnya..
Aku ikut2an, sms novi, sapa tau dia ngerti nama pasiennya.. Message Sent.. tapi gak bales2 Beberapa saat kemudian ada nomor simpati nelpon... Segera kuambil HP di saku.. Ragu2 mo terima telpon di situ apa gak.. takut ganggu, biasanya itu telpon anak2 SMA iseng yang mo daftar TSC.. Aku pun beranjak keluar.. Ketika mau kuangkat ternyata diputus.. Sopo sih.. malesi..
Bingung, memutuskan untuk pulang saja.... Gak Jadi donor..!!! Baru beberapa langkah mo ke parkiran, ada sms dari Novi.. “ Gimana mas, udah donor? Cari aja dokter novi, pasiennya namanya Maksum, usia 4 tahun”.. Langsung kubales “ Yahhh.. wong petugasnya aja bingung pas tak tanyain dokter novi, gak ada”..
Melanjutkan langkah ke parkiran, ada sms dari no simpati tadi.. “Mas Fauzi, ni dr. Novi, saya tunggu di ruang Transfusi Darah..” Lho, piye iki.. Langsung bergegas kembali ke ruang transfusi..di sana aku sms “ saya pake baju batik” Message Sent Sesaat setelah sms, HP dokter yang disampingku berbunyi terus diangkat, kayannya ada sms..
TERNYATA SMS DARI HP-KU.....!!!!! TERNYATA YANG SEJAK TADI DUDUK DI SEBELAHKU DOKTER NOVI...!! YAELAHH... DOK..
Si dokter kaget..
Dr. Novi : Mas Fauzi..? (setengah gak percaya)
Aku : E... ya ya..
Dr. Novi : Udah lama di sini mas( dengan nada tak berdosa)
Aku : Nggak juga kok Dok (berusaha menghibur si dokter agar tak merasa bersalah)
Yah, perawatnya ki piye sih.. sejak tadi yang namanya dokter novi di situ gak bilang-bilang.... Service gak OK..
Sama dokter Novi langsung diajak nemuin petugasnya.. Petugasnya kebingungan nyari form punya pasiennya dokter Novi..gak tau nyelip dimana.. Payah abis .. Akhirnya ketemu juga.. dan Akhirnya aku ngisi form pendaftaran.. dari pandangan mas2 perawat, kayanya mengunder- estimatekan aku.. Mesti pikirnya “ Ni orang kurus kok bisa-bisanya mo jadi pendonor(Bobot minimal pendonor 50 kg)”... Maklum, rata-rata yang donor ke situ orangnya agak gemuk-gemuk.. Kekar.. Hahaha.. saya gak peduli..... saya 57 kg mas.. sudah cukup “berbobot” . Setelah cek Hb dan kualitas darah ternyata fine2 aja..
Setelah itu langsung diambil darahnya di ruang bagian dalam... sama mas2 dokter... Kayake wis lumayan profesional... Good Bye My Blood.. semoga bermanfaat.. Semoga anak yang dapet tranfusi darahku ketularan sifat2ku yang keren.. Hakaka.. Astaghfirullah.. Gak mungkin...
Selesai donor aku dikasih Mizone sama perawat dan disuruh duduk2 dulu.. di situ ada beberapa bapak2 petugas parkir sardjito yang donor juga.. awalnya aku sempat kagum dengan bapak2 itu.. Mulia sekali mereka.. pasti mereka sudah sering mendonorkan darahnya.. Ck ck ck..
Tapi yang bikin aku kaget, beberapa saat setelah mereka mendonorka darahnya, mereka bilang gini :
“ Mas, ayo ambil amplopnya ke petugas”
Hah, aku langsung tertegun dalam hati... Astaghfirullah, ternyata bapak2 ini menjual darahnya... tak kusangka.. “Eh maaf pak, gak usah..” aku langsung ngeloyor pergi..
Yah, beginilah secuil kehidupan di RS. Sardjito, RSUD nya jogja.. milik UGM... Pelayanannya masih jauh dari memuaskan dibandingkan dengan Panti Rapih, JIH, ataupun PKU..
Kehidupan para tukang parkir yang menjual darah itu tadi memberikan gambaran bahwa ternyata himpitan ekonomi negeri ini telah membuat rakyat kalangan bawah menghalalkan segala cara demi sesuap nasi.. Kita tidak bisa menyalahkan mereka begitu saja, karena mereka terkadang juga dihimpit masalah keuangan...Di manakah anggota2 DPR yang memperjuangkan kesejahteraan mereka? Di manakah Pemerintah? Janji2 kesejahteraan mereka hanya kosong belaka.. Kita lihat di PEMILU 2009..

2 komentar:

  1. Ya Allah...
    Semoga anak yang menerima darah itu tidak tertular rabies, epilepsi, dan penyakit 'nggaya' akut maupun 'kemejoss' kronis setelah menerima darah dari penulis blog ini...
    Amin.

    BalasHapus
  2. Wex... jangan salah mbak.. anak itu kelak akan mewarisi klan orang keren... Hakakaka.. Cerdas dan bersahaja..

    BalasHapus

Comment